Thursday, November 21, 2019

penyakit menular ini sangat berbahaya, simak penjelasannya


Penyakit Menular Seksual


A. Gonore (GO)

Gonore adalah semua penyakit yang disebabkan oleh Neisseria gonorrheae. Gejala pada laki-laki adalah rasa gatal dan panas di sekitar ujung penis, disusul rasa nyeri saat berkemih, rasa anyang-anyangan, keluar cairan putih dari ujung penis yang kadang-kadang disertai darah, dan disertai perasaan nyeri saat ereksi. Gejala pada perempuan adalah nyeri saat buang air kecil dan kadang-kadang sering buang air kecil. Klien harus menjaga kebersihan organ vital, tidak melakukan hubungan seksual, dan berobat ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.


Gambar . Gejala gonore pada perempuan dan laki-laki


B. Sifilis

Sifilis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Treponema pallidum, dapat menyerang hampir semua alat tubuh, dapat menyerupai banyak penyakit, mempunyai masa laten, dan  dapat ditularkan dari ibu ke janin. Penularan Treponema pallidum melalui kontak lansung dengan luka di mukosa atau kulit selama hubungan seksual, pertukaran jarum suntik pada pengguna narkotika suntik, dan melalui transplasental dari ibu ke anak. Sifilis memiliki 4 fase. Gejala awal adalah nafsu makan berkurang, nyeri kepala, demam yang tidak tinggi, nyeri pada tulang, luka pada kulit yang berbentuk seperti korengan tetapi tidak gatal dan tidak ada nanah. Setelah beberapa tahun infeksi, klien akan mengalami gangguan pada mata, otak, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan sendi-sendi, serta dapat menyebabkan kematian.


Gambar . Gejala sifilis

Klien harus berobat ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Pencegahan penyakit sifilis adalah tidak mengkonsumsi narkotika, tidak berhubungan seks sebelum menikah, setia pada pasangan, penapisan sifilis pada kelompok risiko tinggi dan ibu hamil, penapisan sifilis pada penderita HIV dan penapisan HIV pada penderita sifilis.

C. Herpes Simpleks

Herpes simpleks adalah Infeksi akut yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I dan tipe II yang ditandai dengan adanya kelainan pada kulit berupa vesikel-vesikel berkelompok di atas kulit yang sembab dan kemerahan pada rongga mulut atau genital. infeksi dapat berlangsung primer maupun berulang.


Gambar 6. Herpes simpleks di daerah bibir

Gejalanya adalah demam, nafsu makan berkurang, badan terasa lelah, pembesaran kelenjar getah bening dan adanya vesikel-vesikel berkelompok di kulit mulut atau genital. Apabila penyakitnya berulang, klien dapat mengalami gangguan tidur dan emosional serta gangguan menstruasi.  Klien harus  berobat ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, menjaga kebersihan organ mulut dan genital, serta tidak berhubungan seksual.

semoga artikel ini bisa bermanfaat,, 



No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan ya.