Thursday, December 26, 2019

Definisi Suicide (Bunuh diri),gejala dan penatalaksanaan nya

1.Definisi Suicide (Bunuh diri)

Bunuh diri adalah kematian yang terjadi karena tindakan yang dilakukan sengaja  oleh pelaku sendiri. Pikiran bunuh diri dan usaha bunuh merupakan awal dari terjadinya bunuh diri.

2.Gejala Suicide

Gejala individu yang mau bunuh diri sebenarnya tidak jelas, karena terkadang kita mengetahuinya dari perkataan klien itu sendiri. Pasien-pasien yang berhasil melaksanakan bunuh diri, biasanya 80% mengidap gangguan afektif dan 20% peminum alkohol. 

Jika peminum alkohol kehilangan salah satu anggota keluarganya, maka dalam jangka waktu 6 bulan dia berada dalam risiko tinggi untuk bunuh diri. Pada kasus skizofrenia, 10% meninggal karena bunuh diri.

Sejumlah klien yang berhasil melakukan bunuh diri, tidak melakukan percobaan bunuh diri sebelumnya. Percobaan bunuh diri yang dilakukan klien perlu dilakukan pemantauan secara ketat, walaupun setelah ditanya klien menyangkal akan melakukan bunuh diri.

3.Penatalaksanaan 

Bila pasien baru saja bunuh diri dan gagal, maka harus dinilai apakah tindakannya tersebut merupakan tindakan yang direncanakan atau tiba-tiba saja. Klien harus segera dirujuk ke Dokter Spesialis Kejiwaan/ Psikiater. Pengobatan yang diberikan tergantung diagnosis.

4.Cara Penanganan Klien Percobaan Bunuh Diri


Klien jangan ditinggal sendiri dan ruangan harus dibersihkan dari semua benda yang potensial berbahaya. Klien segera dirujuk ke Dokter Spesialis Kejiwaan/ Psikiater

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan ya.